Langsung ke konten utama

Soal persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat

Soal persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat yang diberikan melalui halaman ini adalah kumpulan soal dengan materi persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Di mana kesulitan soal yang diberikan setara dengan soal ujian nasional, sesuai untuk level kognitif aplikasi. Kumpulan soal persamaan dan fungsi kuadrat yang diberikan telah dilengkapi dengan pembahasannya.

Persamaan Kuadrat

Contoh 1 – Latihan soal UN 2019
Persamaan kuadrat x^{2} - 5x +6 = 0 mempunyai akar-akar x_{1} dan x_{2}. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya x_{1} - 3 dan x_{2} - 3 adalah ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; x^{2} - 2x = 0 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} - 2x + 30 = 0 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; x^{2} + x = 0 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; x^{2} + x - 30 = 0 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; x^{2} + x + 30 = 0 \]
Pembahasan:
Diketahui persamaan kuadrat:
    \[ x^{2} - 5x + 6 = 0 \]
Maka:
    \[ x_{1} +  x_{2} = - \frac{b}{a} = - \frac{-5}{1} = 5 \]
    \[ x_{1} \cdot  x_{2} = \frac{c}{a} = \frac{6}{1} = 6 \]
Persamaan kuadrat dengan akar-akar x_{1} - 3 dan x_{2} - 3 adalah
    \[ \alpha = x_{1} - 3 \]
    \[ \beta = x_{2} - 3\]
    \[ \alpha + \beta =  x_{1} - 3 + x_{2} - 3 \]
    \[ \alpha + \beta =  x_{1} + x_{2} - 6 \]
    \[ \alpha + \beta =  5 - 6 = - 1 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  \left( x_{1} - 3 \right)  \left(  x_{2} - 3 \right) \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  x_{1} \cdot x_{2} - 3x_{1} - 3x_{2} + 9 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  x_{1} \cdot x_{2} - 3 \left(x_{1} + x_{2} \right) + 9 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  6 - 3 \cdot 5 + 9 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  6 - 15 + 9 = 0 \]
Sehingga, persamaan kuadrat yang baru adalah:
    \[  x^{2} - \left( \alpha + \beta \right)x +\alpha \cdot \beta = 0 \]
    \[  x^{2} -  (-1)x + 0 = 0 \]
    \[  x^{2} + x + 0 = 0 \]
Jawaban: C
Contoh 2 – Soal UN Menentukan Persamaan Kuadrat Baru
Jika x_{1} dan x_{2} adalah akar-akar persamaan kuadrat x^{2} - x + 2 = 0. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 2x_{1} - 2 dan 2x_{2} - 2 adalah ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; 8x^{2} + 2x + 1 = 0 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} + 8x + 2 = 0 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; x^{2} + 2x + 8 = 0 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; x^{2} - 8x - 2 = 0 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; x^{2} - 2x + 8 = 0 \]
Pembahasan:
Diketahui persamaan kuadrat:
    \[ x^{2} - x + 2 = 0 \]
Maka:
    \[ x_{1} +  x_{2} = - \frac{b}{a} = - \frac{-1}{1} = 1 \]
    \[ x_{1} \cdot  x_{2} = \frac{c}{a} = \frac{2}{1} = 2 \]
Persamaan kuadrat dengan akar-akar 2x_{1} - 2 dan 2x_{2} - 2 adalah
Misalkan akar-akar persamaan baru adalah \alpha dan \beta
    \[ \alpha = 2x_{1} - 2 \]
    \[ \beta = 2x_{2} - 2 \]
Jumlah akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ \alpha + \beta =  2x_{1} -  2 + 2x_{2} - 2 \]
    \[ \alpha + \beta =  2 \left( x_{1} + x_{2}\right) - 4 \]
    \[ \alpha + \beta =  2 \cdot 1 - 4 = - 2 \]
Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ \alpha \cdot \beta =  \left( 2x_{1} - 2 \right)  \left(  2x_{2} - 2 \right) \]
    \[ \alpha \cdot \beta = 4 \cdot x_{1}  x_{2} - 4 x_{1} - 4 x_{2} + 4 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  4 \cdot x_{1}  x_{2} - 4 \left( x_{1} + x_{2} \right) + 4 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  4 \cdot 2 - 4 \cdot 1 + 4 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  8 - 4 + 4 = 8 \]
Sehingga, persamaan kuadrat yang baru adalah:
    \[  x^{2} - \left( \alpha + \beta \right)x +\alpha \cdot \beta = 0 \]
    \[  x^{2} -  (-2)x + 8 = 0 \]
    \[  x^{2} + 2x + 8 = 0 \]
Jawaban: C
Contoh 3 – Soal UN Menentukan Persamaan Kuadrat Baru
Diketahui \alpha dan \beta akar-akar persamaan kuadrat 4x^{2} - 6x - 1 = 0. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (2 \alpha - 1) dan (2 \beta - 1) adalah ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; x^{2} - x - 3 = 0 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} - 3x + 1 = 0 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; x^{2} + 2x - 2 = 0 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; 2x^{2} - 3x - 2 = 0 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; 2x^{2} + x - 2 = 0 \]
Pembahasan:
Diketahui persamaan kuadrat:
    \[ 4x^{2} - 6 x - 1 = 0 \]
Maka:
    \[ \alpha + \beta = - \frac{b}{a} = - \frac{-6}{4} = \frac{3}{2} \]
    \[ \alpha \beta = \frac{c}{a} = \frac{-1}{4} \]
Persamaan kuadrat dengan akar-akar 2 \alpha - 1 dan 2 \beta - 1 adalah
Misalkan akar-akar persamaan baru adalah x_{1} dan x_{2}
    \[ x_{1} = 2 \alpha - 1 \]
    \[ x_{2} = 2 \beta - 1 \]
Jumlah akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ x_{1} + x_{2} = 2 \alpha -  1 + 2 \beta - 1 \]
    \[ x_{1} + x_{2} = 2(\alpha + \beta) - 2 \]
    \[ x_{1} + x_{2} = 2 \cdot \frac{3}{2} - 2 = 1 \]
Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  \left( 2 \alpha - 1 \right)  \left(  2 \beta - 1 \right) \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  4 \alpha \beta - 2 \alpha - 2 \beta + 1 \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  4 \alpha \beta - 2 \left( \alpha + \beta \right) + 1 \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  4 \cdot - \frac{1}{4} - 2 \cdot \frac{3}{2} + 1 \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  - 1 - 3 + 1 = - 3 \]
Sehingga, persamaan kuadrat yang baru adalah:
    \[  x^{2} - \left( x_{1} + x_{2} \right)x + x_{1} x_{2} = 0 \]
    \[  x^{2} -  x - 3 = 0 \]
Jawaban: A

Fungsi Kuadrat

Contoh 1 – Soal UN Fungsi Kuadrat
Perhatikan gambar di bawah ini!


Contoh soal fungsi kuadrat
Gambar tersebut adalah grafik fungsi kuadrat ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; x^{2} + 2x + 3 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} - 2x - 3 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; -x^{2} + 2x - 3 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; -x^{2} - 2x + 3 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; -x^{2} + 2x + 3 \]
Pembahasan:
Persamaan umum kuadrat dinyatakan melalui persamaan:
    \[ y = a(x - p)^{2} + q \]
Di mana titik (p, q) adalah titik puncak kurva. Deiktahui, kurva pada memiliki titik puncak (1, 4). Sehingga, dari persamaan di atas dapat diperoleh hasil sebagai berikut.
    \[ y = a(x - 1)^{2} + 4 \]
Kurva diketahui melalui titik (0, 3). Substitusi nilai pada titik tersebut ke dalam persamaan untuk mendapatkan nilai a.
    \[ 0 = a(3 - 1)^{2} + 4 \]
    \[ 0 = 4a + 4 \]
    \[ 4a = - 4 \rightarrow a = -1 \]
Jadi, diperoleh persamaan kuadrat seperti gambar pada soal adalah sebagai berikut.
    \[ y = -1 (x - 1)^{2} + 4 \]
    \[ y = -1 (x^{2} -2x + 1) + 4 \]
    \[ y = - x^{2} + 2x - 1 + 4 \]
    \[ y = - x^{2} + 2x + 3 \]
Jawaban: E
Demikianlah ulasan tentang soal dan pembahasan persamaan kuadrat baru. Meliputi soal dan pembahasan persamaan kuadrat untuk level kognitif aplikasi. Serta Soal fungsi kuadrat untuk tingkat level yang sama.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Bentuk Persen Menjadi Pecahan

Cara Mengubah Bentuk Persen Menjadi Pecahan - Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan materi tentang  Cara Mengubah Pecahan Ke Dalam Bentuk Persen, kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mengubah Bentuk Persen Menjadi Pecahan . Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini. Untuk mengubah benuk persen menjadi pecahan dapat dilakukan dengan cara mengubah persen (%) tersebut menjadi bentuk pecahan dengan penyebut 100. Akan tetapi di dalam beberapa soal terkadang kita harus menyederhanakan bentuk pecahan yang dihasilkan. Contoh : a. 15 % b. 30 % c. 22  ½ % Penyelesaian : a. 15 % Terlebih dahulu diubah ke dalam bentuk pecahan dengan penyebut 100 kemudian disederhanakan. Cara menyederhanakan pecahan adalah dengan mencari angka yang bisa sama-sama membagi pembilang dan penyebut. 15 % = 15 / 100           = (15 : 15) / (100 : 25)           = 1/4 angka yang sama-sama bisa membagi 15 dan 100 adalah 15 sehingga hasilnya adalah 1/4

Contoh Soal Dan Cara Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Metode Campuran

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Metode Campuran - Sistem persamaan linear dua variabel menggunakan metode campuran merupakan cara penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel yang menggabungkan metode eliminasi dan juga metode substitusi , dimana sistem persamaan linear dua variabel itu sendiri merupakan dua atau lebih persamaan linear dengan nilai variabel yang sama. Dan nilai sistem persamaan linear dua variabel metode substitusi adalah cara penyelesaian SPLDV dengan cara mengganti variabel dengan nilai sementara untuk mendapatkan nilai variabel yang sebenarnya. Sedangkan sistem persamaan linear dua variabel menggunakan metode eliminasi adalah menghilangkan salah satu dari suatu variabel sampai menyisakan satu variabel lainnya.  Jadi cara penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode campuran ataupun kombinasi ini bisa dikatakan lebih mudah dan simple karena menggabungkan kedua cara tersebut. Dalam penyelesaiannya metode campur

Cara Mudah Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) SMA

Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel - Sistem persamaan linear tiga variabel bisa diartikan sebagai himpunan dari tiga buah persamaan garis lurus dimana masing - masing persamaan tersebut terdiri dari tiga buah peubah (variabel). Ada beberapa metode yang bisa kita pakai untuk menyelesaikan sistem persamaan ini, yaitu metode substitusi, eliminasi, dan determinan. Agar kalian bisa lebih memahami materi ini, sebaiknya kalian pelajari dulu materi tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Langkah Mudah Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Sama halnya dengan prinsip penyelesaian persamaan yang lain, langkah awal kita harus mengurangkan (mengeliminasi) dua persamaan untuk memperoleh persamaan baru dengan menghilangkan satu buah variabel. Simak baik - baik contoh soal dan pembahasan di bawah ini ; Contoh Soal : Tentukan himpunan penyelesaian x, y dan z dari persamaan berikunt: 3x - y + 2z = 15    ......(i) 2x + y + z = 13     .....