Langsung ke konten utama

Soal persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat

Soal persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat yang diberikan melalui halaman ini adalah kumpulan soal dengan materi persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Di mana kesulitan soal yang diberikan setara dengan soal ujian nasional, sesuai untuk level kognitif aplikasi. Kumpulan soal persamaan dan fungsi kuadrat yang diberikan telah dilengkapi dengan pembahasannya.

Persamaan Kuadrat

Contoh 1 – Latihan soal UN 2019
Persamaan kuadrat x^{2} - 5x +6 = 0 mempunyai akar-akar x_{1} dan x_{2}. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya x_{1} - 3 dan x_{2} - 3 adalah ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; x^{2} - 2x = 0 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} - 2x + 30 = 0 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; x^{2} + x = 0 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; x^{2} + x - 30 = 0 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; x^{2} + x + 30 = 0 \]
Pembahasan:
Diketahui persamaan kuadrat:
    \[ x^{2} - 5x + 6 = 0 \]
Maka:
    \[ x_{1} +  x_{2} = - \frac{b}{a} = - \frac{-5}{1} = 5 \]
    \[ x_{1} \cdot  x_{2} = \frac{c}{a} = \frac{6}{1} = 6 \]
Persamaan kuadrat dengan akar-akar x_{1} - 3 dan x_{2} - 3 adalah
    \[ \alpha = x_{1} - 3 \]
    \[ \beta = x_{2} - 3\]
    \[ \alpha + \beta =  x_{1} - 3 + x_{2} - 3 \]
    \[ \alpha + \beta =  x_{1} + x_{2} - 6 \]
    \[ \alpha + \beta =  5 - 6 = - 1 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  \left( x_{1} - 3 \right)  \left(  x_{2} - 3 \right) \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  x_{1} \cdot x_{2} - 3x_{1} - 3x_{2} + 9 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  x_{1} \cdot x_{2} - 3 \left(x_{1} + x_{2} \right) + 9 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  6 - 3 \cdot 5 + 9 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  6 - 15 + 9 = 0 \]
Sehingga, persamaan kuadrat yang baru adalah:
    \[  x^{2} - \left( \alpha + \beta \right)x +\alpha \cdot \beta = 0 \]
    \[  x^{2} -  (-1)x + 0 = 0 \]
    \[  x^{2} + x + 0 = 0 \]
Jawaban: C
Contoh 2 – Soal UN Menentukan Persamaan Kuadrat Baru
Jika x_{1} dan x_{2} adalah akar-akar persamaan kuadrat x^{2} - x + 2 = 0. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 2x_{1} - 2 dan 2x_{2} - 2 adalah ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; 8x^{2} + 2x + 1 = 0 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} + 8x + 2 = 0 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; x^{2} + 2x + 8 = 0 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; x^{2} - 8x - 2 = 0 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; x^{2} - 2x + 8 = 0 \]
Pembahasan:
Diketahui persamaan kuadrat:
    \[ x^{2} - x + 2 = 0 \]
Maka:
    \[ x_{1} +  x_{2} = - \frac{b}{a} = - \frac{-1}{1} = 1 \]
    \[ x_{1} \cdot  x_{2} = \frac{c}{a} = \frac{2}{1} = 2 \]
Persamaan kuadrat dengan akar-akar 2x_{1} - 2 dan 2x_{2} - 2 adalah
Misalkan akar-akar persamaan baru adalah \alpha dan \beta
    \[ \alpha = 2x_{1} - 2 \]
    \[ \beta = 2x_{2} - 2 \]
Jumlah akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ \alpha + \beta =  2x_{1} -  2 + 2x_{2} - 2 \]
    \[ \alpha + \beta =  2 \left( x_{1} + x_{2}\right) - 4 \]
    \[ \alpha + \beta =  2 \cdot 1 - 4 = - 2 \]
Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ \alpha \cdot \beta =  \left( 2x_{1} - 2 \right)  \left(  2x_{2} - 2 \right) \]
    \[ \alpha \cdot \beta = 4 \cdot x_{1}  x_{2} - 4 x_{1} - 4 x_{2} + 4 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  4 \cdot x_{1}  x_{2} - 4 \left( x_{1} + x_{2} \right) + 4 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  4 \cdot 2 - 4 \cdot 1 + 4 \]
    \[ \alpha \cdot \beta =  8 - 4 + 4 = 8 \]
Sehingga, persamaan kuadrat yang baru adalah:
    \[  x^{2} - \left( \alpha + \beta \right)x +\alpha \cdot \beta = 0 \]
    \[  x^{2} -  (-2)x + 8 = 0 \]
    \[  x^{2} + 2x + 8 = 0 \]
Jawaban: C
Contoh 3 – Soal UN Menentukan Persamaan Kuadrat Baru
Diketahui \alpha dan \beta akar-akar persamaan kuadrat 4x^{2} - 6x - 1 = 0. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (2 \alpha - 1) dan (2 \beta - 1) adalah ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; x^{2} - x - 3 = 0 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} - 3x + 1 = 0 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; x^{2} + 2x - 2 = 0 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; 2x^{2} - 3x - 2 = 0 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; 2x^{2} + x - 2 = 0 \]
Pembahasan:
Diketahui persamaan kuadrat:
    \[ 4x^{2} - 6 x - 1 = 0 \]
Maka:
    \[ \alpha + \beta = - \frac{b}{a} = - \frac{-6}{4} = \frac{3}{2} \]
    \[ \alpha \beta = \frac{c}{a} = \frac{-1}{4} \]
Persamaan kuadrat dengan akar-akar 2 \alpha - 1 dan 2 \beta - 1 adalah
Misalkan akar-akar persamaan baru adalah x_{1} dan x_{2}
    \[ x_{1} = 2 \alpha - 1 \]
    \[ x_{2} = 2 \beta - 1 \]
Jumlah akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ x_{1} + x_{2} = 2 \alpha -  1 + 2 \beta - 1 \]
    \[ x_{1} + x_{2} = 2(\alpha + \beta) - 2 \]
    \[ x_{1} + x_{2} = 2 \cdot \frac{3}{2} - 2 = 1 \]
Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat yang baru:
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  \left( 2 \alpha - 1 \right)  \left(  2 \beta - 1 \right) \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  4 \alpha \beta - 2 \alpha - 2 \beta + 1 \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  4 \alpha \beta - 2 \left( \alpha + \beta \right) + 1 \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  4 \cdot - \frac{1}{4} - 2 \cdot \frac{3}{2} + 1 \]
    \[ x_{1} \cdot x_{2} =  - 1 - 3 + 1 = - 3 \]
Sehingga, persamaan kuadrat yang baru adalah:
    \[  x^{2} - \left( x_{1} + x_{2} \right)x + x_{1} x_{2} = 0 \]
    \[  x^{2} -  x - 3 = 0 \]
Jawaban: A

Fungsi Kuadrat

Contoh 1 – Soal UN Fungsi Kuadrat
Perhatikan gambar di bawah ini!


Contoh soal fungsi kuadrat
Gambar tersebut adalah grafik fungsi kuadrat ….
    \[ \textrm{A.} \; \; \; x^{2} + 2x + 3 \]
    \[ \textrm{B.} \; \; \; x^{2} - 2x - 3 \]
    \[ \textrm{C.} \; \; \; -x^{2} + 2x - 3 \]
    \[ \textrm{D.} \; \; \; -x^{2} - 2x + 3 \]
    \[ \textrm{E.} \; \; \; -x^{2} + 2x + 3 \]
Pembahasan:
Persamaan umum kuadrat dinyatakan melalui persamaan:
    \[ y = a(x - p)^{2} + q \]
Di mana titik (p, q) adalah titik puncak kurva. Deiktahui, kurva pada memiliki titik puncak (1, 4). Sehingga, dari persamaan di atas dapat diperoleh hasil sebagai berikut.
    \[ y = a(x - 1)^{2} + 4 \]
Kurva diketahui melalui titik (0, 3). Substitusi nilai pada titik tersebut ke dalam persamaan untuk mendapatkan nilai a.
    \[ 0 = a(3 - 1)^{2} + 4 \]
    \[ 0 = 4a + 4 \]
    \[ 4a = - 4 \rightarrow a = -1 \]
Jadi, diperoleh persamaan kuadrat seperti gambar pada soal adalah sebagai berikut.
    \[ y = -1 (x - 1)^{2} + 4 \]
    \[ y = -1 (x^{2} -2x + 1) + 4 \]
    \[ y = - x^{2} + 2x - 1 + 4 \]
    \[ y = - x^{2} + 2x + 3 \]
Jawaban: E
Demikianlah ulasan tentang soal dan pembahasan persamaan kuadrat baru. Meliputi soal dan pembahasan persamaan kuadrat untuk level kognitif aplikasi. Serta Soal fungsi kuadrat untuk tingkat level yang sama.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemfaktoran Bentuk Aljabar Kelas 8 SMP Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal

Pemfaktoran Bentuk Aljabar - Pemfaktoran suku aljabar merupakan bentuk penjumlahan suku - suku ke dalam bentuk perkalian atau faktor. Sebagai contoh, bentuk aljabar xy merupakan hasil perkalian dari x dan y ( xy = x x  y). Dari perkalian tersebut, dapat disimpulkan bahwa faktor dari xy adalah  x dan y. Sedangkan bentuk aljabar a (x + y) faktornya adalah a dan (x + y). Untuk lebih memahami materi ini, perhatikan baik - baik penjelasan di bawah ini. Hukum Distributif dalam Pemfaktoran Suku Aljabar Dalam pemfaktoran bentuk suku aljabar, hukum distributif berlaku aturan : a x (b + c) = (a x b) +  (a x c) Perhatikan contoh soal berikut : Faktorkanlah bentuk aljabar di bawah ini : A. 4 x 2  + 8x 2 y B. 8abc + 12xyz Penyelesaian : Dalam menjawab bentuk soal seperti di atas, kita harus mencari FPB dari setiap suku yang ada dalam bentuk aljabar tersebut : A. 4 x 2  + 8x 2 y = 4 x 2  (1 + 2y) B. 8abc + 12xyz = 2 (4abc + 6xyz) Faktorisasi Bentuk Kuadrat x 2  + 2xy

perbedaan permutasi dan kombinasi

Pengertian Permutasi dan Kombinasi Permutasi adalah banyaknya cara untuk membuat susunan dengan jumlah pada suatu anggota tertentu dari anggota-anggota suatu himpunan. Kombinasi ialah banyaknya cara memilih anggota pada jumlah tertentu dari dari anggota-anggota suatu himpunan. Atau dengan kalimat lain kombinasi yaitu banyaknya cara membuat himpunan bagian dengan jumlah anggota tertentu dari anggota-anggota suatu himpunan. Rumus Permutasi Misal diketahui himpunan memiliki anggota sejumlah n, maka susunan terurut yang terdiri dari r buah anggota dinamakan permutasi r dari n, ditulis sebagai P(n,r) dimana r lebih kecil atau sama dengan n. Rumus permutasi adalah sebagai berikut. rumus permutasi Jika r = n , Maka P (n,n) = n ! (ingat 0!=1) Contoh untuk menghitung banyaknya cara menyusun urutan dua huruf dari huruf-huruf a, b, c adalah sebagai berikut. Rumus Kombinasi Misal diketahui suatu himpunan mempunyai anggota sejumlah n, maka pemilihan r buah angg

Pengertian Dan Macam - Macam Simetri Pada Bangun Datar

Macam - Macam Simetri Bangun Datar - Setiap bangun datar mempunyai sifat tersendiri yang menjadi ciri khas bangun datar tersebut. Diantara sifat - sifat tersebut ada yang dinamakan simetri. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas materi yaitu mengenai macam - macam simetri pada bangun datar. Untuk lebih jelasnya perhatikan bik - baik pembahasan di bawah ini. Pengertian Dan Macam - Macam Simetri Pada Bangun Datar Simetri Lipat Simetri lipat pada bangun datar didefinisikan sebagai banyaknya lipatan pada bangun datar yang bisa membagi bangun datar tersebut sehingga setengah bagian dari bangun datar tersebut bisa menutupi setengah bagian yang lain. Garis yang dapat membagi sebuah bangun datar menjadi dua dan kongruen disebut sebagai sumbu simetri. Perlu diketahui bahwa tidak semua bangun datar mempunyai garis yang disebut dengan sumbu simetri. Beberapa bangun datar tidak memiliki sumbu simetri sama sekali. Di bawah ini beberapa gambar bangun datar yang memiliki